Pages

Minggu, 17 Juni 2012

Sejarah Taekwondo Indonesia


     Sebagai postingan perdana di blog perdana saya, saya sangat mau ingin berbagi tentang olahraga beladiri favorit saya. yaitu TaeKwonDo yang sangat sangat saya banggakan 8)  yuk,  cekidot:

     TaeKwonDo = http://id.wikipedia.org/wiki/Taekwondo merupakan olahraga beladiri asal korea selatan .olahraga ini dikenal di Indonesia sejak tahun 1960-an. mulanya, ketika para taekwondoin asal korea selatan menununjukan aksinya pada demonstrasi yang di gelar di Jogjakarta, seperti pecah belah dan peragaan tehnik-tehnik TaeKwonDo. hal itu menarik minat para pecinta beladiri di Indonesia mengingat peragaan seperti itu masih langka di Indonesia. sejak saat itu, pemuda pemudi Indonesia pun banyak yang tertarik untuk mempelajari Taekwondo.


     Di luar Indonesia, banyak negara lain yang telah mengenal Taekwondo secara mendalam, bahkan tehnik tehnik pun sudah banyak dikuasai pada tingkat Internasional. hal ini berbeda dengan Indonesia yang masih baru di dunia "per Taekwondo an". nah dari sini, banyak mahasiswa indonesia yang kuliah di korea ataupun jepang yang mengajarkan teman-teman dekatnya di Indonesia.

     perguruan Taekwondo Indonesia
     seiring dengan perkembangan Taekwondo yang semakin pesat maka di bentuk dua organisasi internasional yaitu, WTF(The World Taekwondo Federation) yang berpusat di Kukkiwon, Seoul, Korea Selatan dan ITF(International Taekwondo Federation) yang berpusat di Toronto, Kanada.
kedua aliran ini membentuk organisasi masing masing dalam skala nasional, yak ni Persatuan Taekwondo Indonesia (PTI) yang berafiliasi ke ITF dan Federasi Taekwondo Indonesia (FTI) yang berafiliasi ke WTF.
     
     Pada Musyawarah Nasional tanggal 28 Maret 1981 di Jakarta, berhasil menyatukan kedua organisasi tersebut (ITF dan WTF) menjadi satu kesatuan organisasi Taekwondo yaitu Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) dan berkantor pusat di Jakarta yang berdiri hingga sekarang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar